Setting Network LAN with VMWare

Bookmark and Share

Konfigurasi Jaringan LAN Antara Computer Real dengan Computer Virtual

Disini computer real saya menggunakan operating system windows 7 dan computer virtualnya menggunakan oprating system windows XP. Cara setting jaringan di windows 7 adalah sebagai berikut:

1. Terlebih dahulu anda harus membuat sebuah hardware Lookback adapter dengan cara meng-add hardware yaitu klik Run > ketikan hdwwiz lalu enter. Maka akan muncul form seperti di bawah.
Lalu klik Next > form berikutnya anda pilih “Install the hardware that I manually select from a list” lalu klik Next.

Windows akan menampilkan semua device yang ada di computer real anda, anda cari device yang bernama Network adapter seperti yang ada di gambar di atas, anda pilih dan lalu klik Next.
Maka windows akan menampilkan form “Select Network Adapter” seperti yang dibawah ini.

anda pilih Microsoft sebagai pilihan manufacturer lalu pada bagian network adapternya anda pilih Microsoft Loopback Adapter, apabila telah selesai maka klik Next.
Bahwa windows sedang menginstall hardware dan software Networt lookback adapter.

2. Apabila telah selesai menginstall lookback adapter maka lakukan konfigurasi networknya antara computer real dan computer virtualnya, pertama-tama saya akan mengkonfigurasi di computer real dulu.
Control Panel > Network and Sharing Center > View network status and task
Dan akan muncul form seperti di bawah ini lalu klik Change adapter setting.

Hardware yang kita buat tadi sudah muncul di form network connection dan tinggal anda konfigurasi IP address nya sesuai yang anda mau yaitu klik kanan propertis > pilih internet protocol version 4/Ipv4 > propertis . Di sini saya mengkonfigurasi dengan IP address 192.168.1.1 dan subnet masknya 255.255.255.0 apabila telah selesai maka anda konfigurasi di virtualnya tetapi sebelum anda konfigurasi XP nya anda terlebih dahulu melakukan settingan ke software virtualnya dengan asumsi anda telah menginstall operating system XP sebelum melakukan settingan ini, konfigurasi network di Virtualbox nya dengan cara:
• Buka software Virtulbox (tanpa menghidupkan XP-nya)
• Klik setting(Ctrl+s) > maka akan muncul gambar sebagai dibawah ini
• Apabila telah masuk maka akan muncul form setting
Pilih Network seperti yang terdapat di gambar di atas dan anda harus memperhatikan bagian yang di bagian kanan, anda setting seperti yang tertara di gambar bawah ini.
Apabila tidak ada microsoft lookback adapter nya di virtual maka anda harus merestart computer virtual dan realnya terlebih dahulu sebab ada windows yang harus di restart terlebih dahulu kalau anda sudah merestart computer real dan virtualnya tetapi masih belum ada maka anda harus uninstall software virtualbox-nya dan install ulang sebab di virtualbox-nya terdapat error di pencarian jaringan computer realnya.
Apabila telah selesai konfigurasi settingan jaringan di virtual software maka hidupkan computer virtual windows XP-nya dan lakukan konfigurasi IP address di windows XP,
Control panel > Network Connections.
Maka akan muncul satu local arae connection seperti yang tertera di bawah.
Saya di computer virtualnya mengkonfigurasi IP address dengan 192.168.1.2 , subnet marknya 255.255.255.0 , dan Default gateway 192.168.1.1(IP address computer real)

Apabila telah selesai tahapan di atas maka anda coba test apakah kedua-duanya terhubung antara computer real dan computer virtualnya.
Testing saya seperti gambar yang ada di bawah ini :

Digambar ini membuktikan bahwa koneksi yang saya buat antara computer real dan virtual telah berjalan.
Cara mengaktifkan IIS(Internet Information Services)
Pada umumnya fitur IIS di windows terletak di Control Panel > Add or Remove Program > lihat ke bar kanan pilih Add/Remove windows Components > maka akan muncul form window components Cari dan Centang fitur IIS jangan lupa centang juga isi fitur IIS dengan cara:

Centang semua yang berada di dalam form tersebut lalu klik OK, apabila anda telah menyelesaikan dan mencentang semua fitur IIS lalu klik Next maka window akan meng-add atau menginstall window component IIS dan apabila telah selesai penginstallan maka fitur IIS siap digunakan.
Operating system windows 7 juga terdapat fitur IIS cara mengaktifkannya juga hampir sama dengan windows XP tidak berbeda hanya di window 7 lebih sederhana cara memilihnya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar